Selasa, 08 Juni 2010

Komponen-komponen Perangkat Keras

Komponen-komponen Perangkat Keras
Berikut ini saya akan jelaskan tentang fungsi beberapa perangkat keras dan komponen-komponen yang umum kita gunakan.
Keyboard
:
Suatu alat yang berfungsi sebagai atau tempat memasukkan (mengetik) data, atau bisa juga untuk memberikan perintah.
Mouse
:
Sebagai alat untuk penunjuk/menggerakan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah.
Scanner
:
Sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar-gambar atau fhoto dan dokumen.
Monitor
:
Sebagai alat keluaran atau disebut juga dengan layar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
Printer
:
Sebagai alat yang digunakan untuk mencetak data/informasi pada kertas.
Speaker
:
Sebagai alat yang berfungsi untuk mengeluarkan informasi berupa suara.
Processor
:
Alat yang berfungsi sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
Mainboard
:
Sebagai alat atau kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen-komponen lainnya dipasang.
Diskette Drive
:
Sebagai alat yang disebut juga floppy drive, yaitu tempat untuk memasukkan floppy disk (disket) yang berfungsi untuk membaca dan menulis data pada disket.
CD/DVD Drive
:
Suatu alat atau tempat untuk memasukkan CD atau DVD, yang berfungsi untuk membaca dan atau menulis data pada CD/DVD.
Hardisk
:
Adalah suatu alat atau tempat penyimpanan data. Hardisk berada didalam cashing (badan) komputer dan jarang dipindah-pindahkan atau disebut juga Fixed disk. Umumnya semua program atau aplikasi dan data disimpan dalam hardisk.
Memory (RAM)
:
Adalah suatu alat atau tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory yang bisa diakses secara acak oleh processor.
VGA Card
:
Adalah suatu komponen yan berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkat dari Video Graphics Array.
Sound Card
:
Adalah suatu komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker.
LAN Card
:
Adalah suatu komponen yang akan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. LAN Card tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja. LAN singkatan dari Local Areal Network.
Modem
:
Adalah suatu komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi ke internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon. Modem tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja.
Stabilizer
:
Adalah suatu alat yang berfungsi untuk menstabilkan arus lisrik sehingga arus yang masuk kedalam power supply komputer tidak terlalu naik dan turun yang bisa menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan data.
UPS
:
Adalah suatu alat yang berfungsi untuk mencegah komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik yang mendadak. Pada waktu listik padam UPS otomatis menyediakan daya lisrik untuk komputer dalam waktu tertentu.
UPS singkatan dari Uninteruptable Power Supply.

Dan seiring perkembangan teknologi komunikasi pada saat ini kita sering mendengar dan mengenal alat yang dinamakan flashdisk.
Apa sih yang dimaksud dengan flashdisk dan apa fungsinya :
Flashdisk adalah suatu alat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Kegunaan flashdisk hampir mirip dengan hardisk namun perbedaannya flashdisk berada didalam luar cashing (badan) komputer dan dapat dipindah-pindahkan.

Demikian Fungsi singkat Komponen-komponen Perangkat Keras Komputer yang dapat kita ketahui yang pada umumnya kita gunakan. Semoga bermanfaat.

PERANGKAT KERAS (HADWARE)

A. PERANGKAT KERAS ( HADWARE )

Perangkat keras koputer umum yang kita kenal bisa digolongkan menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu :

  1. Piranti masukan (Input device),
  2. Piranti pengolah (Central processing (CPU)
  3. Piranti keluaran (Output device).
Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak disisi luar casing komputer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa karena terletak didalam casing utama komputer.

Etimologi Komputer

Etimologi Komputer

Sebelum kita menggunakan komputer, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang disebut dengan komputer. Pengenalan ini penting agar kita bisa menggunakan komputer tersebut dengan sebaik-baiknya, berdaya guna tinggi dan tepat guna.

Apa yang dimaksud dengan Komputer ?


Komputer adalah Seperangkat alat yang dipakai dan berfungsi  untuk mengolah data menurut prosedur  yang telah dirumuskan, input (menerima informasi), memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa hasil informasi.

Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang mengandung arti “Menghitung“. Karena luasnya bidang garapan ilmu computer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminology komputer.

Menurut Barnhart
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. 

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Menurut Hamacher
Menurut VC. Hamacher ZG, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Menurut Blissmer
Menurut Robert H. Bilssmer 1985 Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  •  Menerima atau input
  •  Memproses input tadi sesuai dengan programnya
  •  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  •  Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut Donald H. Saders 1985
Komputer merupakan suatu system elektronik yang mampu memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksi-intruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

Menurut Fuori

Menurut William M Fuori, komputer merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.


Menurut Gordon B. Davis
Komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
 
Dari beberapa difinisi tersebut diatas, bahwa komputer adalah :
  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data.
  • Memberkan informasi.
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program).
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
  • Bekerja secara otomatis.
Sedangkan yang disebut program adalah kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

Demikian definisi terminology komputer menurut para pakar dan peneliti diatas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi.
Ketika mempertimbangkan komputer yang modern, sifat mereka yang paling penting adalah yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal bahwa dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda).

Secara umum system komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari system tersebut. Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan suatu informasi maka diperlukan system komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari :
  1. Hadware (Perangkat keras) Adalah Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.
  2. Software (Perangkat lunak) Adalah suatu program yang berisi intruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware (Manusia) Adalah Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan komputer.
==============================================================================
Hadware, Software dan Brainware adalah elemen sistem komputer yang saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan satu sama lainnya.

Contoh : Hadware atau Perangkat keras, tidak akan berfungsi apabila tidak ada/ tanpa software, demikian juga sebaliknya Software atau perangkat lunak tidak akan berfungsi tanpa adanya hadware (perangkat keras). Keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

==============================================================================
Kita dapat menyimpulkan bahwa Sistem komputer tidak bisa berjalan hanya dengan salah satu perangkat, tetapi memerlukan ketiga-tiganya.
==========================================================================

Pengenalan Komputer

Pada saat ini Anda pasti melihat ke arah Komputer yang sedang digunakan untuk browsing. Dan memang, untuk saat ini penggunaan komputer yang sangat populer adalah untuk akses Internet. Anda pasti sudah kenal sekali dengan yang namanya browsing, chatting, e-mail dan googling. Semua itu adalah salah satu kegiatan di internet yang paling populer. Beberapa aplikasi lain yang berguna adalah mentransfer file yang disebut dengan FTP, File sharing yang biasanya dibuat untuk mengupload dan mengunduh file atau arsip seperti mengunduh MP3, video dan lainnya. Semua itu dapat dilakukan dengan menjalankan komputer Anda dari jarak jauh.

Komputer pada saat ini digunakan untuk berbagai aplikasi khusus yang dibangun untuk keperluan analisa data perusahaan, penelitian, produksi dan masih banyak kegunaan lain yang mungkin sangat sulit bagi kita untuk menyebutkan satu persatu. Kemungkinan pengembangannya bisa dikatakan hampir tak terbatas.

Suatu pekerjaan kantoran diperusahaan pada saat ini rasanya sudah sangat sulit untuk terlepas dari benda yang satu ini. Mulai dari mengetik surat, membuat tabel perhitungan, membuat database dan melakukan presentasi. Semua menggunakan komputer. Dimana aplikasi yang dipakai untuk perkantoran seperti ini adalah aplikasi atau software yang sangat umum digunakan yaitu Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point dan Microsoft Office Access dan Aplikasi lainnya. selain dari aplikasi perkantoran berbayar dari Microsoft, seiring perkembangan teknologi, Pada saat ini juga muncul aplikasi-aplikasi perkantoran yang berbasis open source yang sama fungsi/kegunaan dan kemampuannya yaitu Aplikasi Star Office dan Open Office.

Aplikasi komputer lain yang sangat populer dan sering digunakan dan berfungsi untuk menghibur diri adalah Games (Permainan). Perkembangan aplikasi games atau permainan pada saat ini sangat cepat dan merupakan salah satu sumber keuangan di dunia komputer yang sangat besar pula. Bisnis Aplikasi games juga dapat dikategorikan sebagai bisnis raksasa, Karena berapa Kalangan dari anak-anak  sampai dewasa sering menggunakan aplikasi ini, pengguna games yang sebanyak itu tentu saja merupakan pasar yang sangat potensial bagi para pengembang games saat ini.
Dan masih banyak sekali fungsi dan aplikasi komputer yang lainnya.

Kamis, 03 Juni 2010

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi  meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi  adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer  (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Sejarah

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.

Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.

E-learning

Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet. Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi. Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

Sumber :
Teknologi Informasi Komunikasi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Referensi:
Haryanto, Edy. (2008). 
Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran

Mitos Seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mitos Seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengubah sikap dan tingkah laku manusia. Hampir semua  aktivitas mulai dari bekerja, belajar, sampai bermain bergantung pada teknologi. Komputer merupakan simbol utama dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, hampir semua kegiatan dapat dilakukan oleh komputer.

Di Jepang, salah satu fungsi utama komputer adalah untuk kegiatan ekonomi atau bisnis. Para pengusaha Jepang melakukan bisnis jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet. Melalui internet ini para pengusaha Jepang dapat  berbisnis  dengan pengusaha lain, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
Alat-alat yang digunakan adalah laptop. PDA atau telepon seluler.

Kegiatan bisnis melalui internet ini ternyata tidak selalu lancar. Mereka selalu khawatir oleh suatu hal yang sangat mengganggu dan merugikan, yaitu adalah Virus komputer yang menyebar melalui jaringan komputer.
Virus ini sudah lama menjadi musuh oleh para pengusaha Jepang, karena begitu banyak kerugian yang timbul jika virus menyerang komputer mereka. Berbagai transaksi keuangan terganggu  dan yang lebih parah lagi dokumen-dokumen penting didalam komputer rusak, bahkan terhapus dengan sendirinya.

Walaupun para pengusaha Jepang melakukan pencegahan  dengan program antivirus  pada komputernya, tetap saja mereka dibuat khawatir. Ada satu hal yang menarik dan unik dari tingkah laku para pengusaha Jepang ini. Mereka memiliki cara untuk mencegah serangan virus komputer tersebut.

Biasanya, pengusaha Jepang membawa perangkat komputer mereka ke Kuil terdekat sebelum mengawali aktivitas kerjanya. Mereka berdoa didepan altar Dewa Shinto agar komputer mereka terhindar dari kerusakan yang disebabkan virus komputer, sehingga bisnisnya pun berjalan lancar.
Wah unik juga tingkah laku pengusaha Jepang itu..

Demikian Mitos seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini saya buat berdasarkan informasi dari seorang teman saya (Renata) yang berkebangsaan Jepang. 

=============================================================
Virus Komputer
Tidak hanya mahluk hidup yang terjangkit virus, Komputer juga sering terkena serangan virus.
Virus komputer adalah suatu program yang mencari dan menginfeksi program lain dengan menyalin dirinya kedalam program tersebut. Virus komputer merusak sistem komputer dengan berbagai macam cara, mulai dari menampilkan pesan-pesan lucu sampai menghapus dokumen dalam komputer, bahkan menyebabkan kerusakan total pada sistem.

=============================================================

Pengaruh Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Pengaruh Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Disamping pengaruh positif, Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga menimbulkan pengaruh negatif. Pengaruh negatif ini disebabkan penggunaan teknolog secara tidak tepat dan tidak bertanggung jawab, antara lain sebagai berikut :
  1. Menghabiskan waktu menonton televisi atau bermain games komputer sehingga lupa mengerjakan pekerjaan rumah.
  2. Merusak dokumen, program atau sistem komputer orang lain denga cara menyebarkan virus komputer.
  3. Terjadi pengangguran karena pekerjaa di pabrik-pabrik besar banyak menggunakan robot yang  dikendalikan komputer, sehingga proses produksinya tidak lagi membutuhkan banyak tenaga manusia.
  4. Ketergantungan pada teknologi. Sekarang ini orang sudah sangat tergantung oada teknologi, contohnya sebuah usaha dapat bangkrut jika sistem komputernya rusak.
  5. Pengaruh buruk bagi kesehatan. Komputer daoat berdampak buruk bagi kesehatan mata, lengan, dan jari-jari tangan kita. Contohnya jika kita  terlalu lama melihat layar monitor, sinar radiasinya dapat membuat mata kita lelah.

Demikian beberapa pengaruh negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, setelah membaca isi materi dengan seksama, anda dapat mengelompokan dan mendiskusikan mengenai pengaruh positif dan negatif lainnya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons