Kamis, 03 Juni 2010

Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
==================================================================
  • Standar kompetensi : Menunjukan Perangkat Keras Komputer.
  • Kompetensi dasar : Memahami pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  • Hasil : Mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kehidupan manusia.
==================================================================
Teknologi informasi dan komunikasi digunakan hampir disetiap bidang kehidupan. hal ini tentu mengubah cara manusia bekerja, belajar dan bermain. Pengunaan yang demikian luas membawa pengaruh terhadap kehidupan manusia.

Pada blog ini akan membahas bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dirumah, sekolah dan tempat kerja.

A. Pengaruh Positif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dirumah-rumah dapat dengan mudah ditemukan mesin yang mempermudah pekerjaan rumah, Misalnya oven microwave (baca : oven maikrowef), mesin cuci dan mesin pencuci piring.
Gambar. Oven Microwaft

Mesin-mesin ini dikendalikan oleh suatu mikroprosessor. Coba kamu perhatikan mesin apa saja yang ada dirumahmu ?

  Gambar. Salah satu Prosessor
================================================================================
Microprosessor adalah Komponen inti dari komputer. Mikroprosessor  menyimpan  ribuan hingga jutaan komponen elektronik. Microprosessor merupakan otak dari komputer yang bertugas mengkoordinasikan perintah-perintah yang telah terprogram.
================================================================================

Selain itu, dengan teknologi informasi dan komunikasi kita dapat menikmati berbagai hiburan dan mendapatkan informasi terkini dengan capat dan mudah. Misalnya menonton TV digital atau satelit, menonton VCD atau DVD, bermain games komputer, mendengarkan CD musik, dan menjelajah internet.


Pada Saat ini, banyak bermunculan permainan-permainan edukatif yang memudahkan siswa untuk memahami apa yang dipelajari disekolah.

Gambar. Salah Satu Permainan Bersifat edukatif
===================================================
Deskripsi Multiplikasi Matematika Permainan 1,0 
pada Freeware Mudah:
Menghafal tabel perkalian adalah bagian penting dari pendidikan dasar. Seorang siswa yang telah menguasai perkalian keuntungan dasar yang kuat untuk prestasi di bidang matematika di seluruh sekolah tinggi dan seterusnya.
===================================================

Komputer telah menjadi teknologi penting disekolah-sekolah,dan intasi perusahan. Penggunaan komputer tidak saja dirasakan manfaatnya oleh guru dan karyawan perusahaan, tetapi juga oleh para siswa.
Dengan komputer pembelajaran disekolah menjadi mudah dan menyenangkan. Siswa dapat mempelajari  berbagai program aplikasi komputer, seperti program pengolah gambar, pengolah kata dan pengolah angka. Selain itu siswa juga dapat mencari berbagai informasi melalui internet untuk pengerjaan tugas-tugas sekolah.

Bagi guru, jika sebelumnya harus memeriksa lembar jawab secara manual, sekarang dengan bantuan komputer pemeriksaan hasil ujian dapat dilakukan lebih
mudah dan cepat.

Ujian dapat juga dilakukan langsung dengan komputer, cukup dengan mengetik pilihan jawaban yang benar maka secara otomatis komputer akan menghitung nilai yang diperoleh, mudah, bukan ?

Penggunaan komputer juga memperngaruhi manusia dalam bekerja, beberapa jenis pekerjaan yang dirasa sulit, sekarang menjadi mudah diselesaikan karena bantuan komputer atau robot-robot produksi.

Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi sebenarnya tidak menggantikan manusia, tetapi hanya mengubah cara manusia bekerja. Manusia harus terlatih menggunakan teknologi modern sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya lebih mudah dan cepat.

Sebagai contoh :
1. Dahulu pabrik tekstil menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) yang harus dikendalikan manusia. kini mesi-mesin produksinya bekerja secara otomatis dikendalikan oleh komputer.
 


Gambar. Alat tenun tradisional

2. Para Arsitek menggunakan program gambar CAD, tidak lagi menggambar menggunakan pensil dan kertas diatas papan atau meja gambar.

Gambar. Menggambar dengan Aplikasi AutoCAD

3. Pada bidang penerbitan dan percetakan, pembuatan layouts ( dibaca: Lei-aut ) buku tidak lagi dilakukan secara manual, namun dilakukan langsung pada komputer dengan menggunakan program Desktop Publishing (baca : destop pablishing). Hal ini bertujuan mengefektifkan atau menghemat waktu pengerjaan dengan hasil yang lebih baik.

Gambar. Dengan Menggunakan Aplikasi Desktop Publishing

4. Pegawai bank dapat melayani nasabah melalu telepon dan komputer, layanan ini disebut telephone banking (baca : telfon bengking).

Gambar. Pegawai Bank

5. Sekretaris mengetik dengan menggunakan program word processor (baca : werd prosesor), menggantikan mesin tik manual.

 

Gambar. Sekretaris Perusahaan Menggunakan Komputer

6. Teleworking berarti bekerja dari rumah menggunakan teknologi modern untuk mengatur bisinis.

Pekerjaan teknologi informasi dan komunikasi juga telah menciptakan lapangan kerja dan profesi - profesi baru, seperti teknisi komputer, programmer, graphic designer (baca : grafik desainer ), dan system analyst (baca : sistem analis). Selain itu memberikan banyak peluang untuk usaha baru seperti rental komputer, rental internet, dan usaha perbaikan komputer.
 


Berikut  Pengaruh Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Lihat Disini

1 komentar:

Poskan Komentar Anda, Kritik dan Saran Anda sangat berguna bagi kami, Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons