Kamis, 10 Juni 2010

Perangkat Keras Masukan (Input device)

1. Perangkat Keras Masukkan (Input device)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukan data ke komputer. Input Device berfungsi sebagai media masukan data dari luar system ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya:  keyboard, Light pen, layar sentuh (touch screen, mouse, scanner dan lain-lain.


a. Keyboard (Papan Ketik)

Keyboard atau papan ketik berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah dan masukan alain pada komputer atau peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

Papan ketik (keyboard) terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak diatasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. 



Gambar. Keyboard


b. Light Pen

Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input pada komputer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh. Dengan alat ini operator komputer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layar.


Gambar Light Pen


c. Layar Sentuh (Touch Screen)
 
Layar Sentuh merupakan layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor, Menurut saya Layar sentuh kurang bagus jika digunakan pada komputer pribadi (personal computer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolosi yang tinggi, sehingga kita dapat memilih sebuah lokasi sebuah yang kecil.
 

Gambar. Touch Screen (Layar sentuh)
 
d. Mouse

Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk mouse (pointer atau kursor).


e. Scanner 

 
Scanner merupakan perangkat keras masukkan yang berfungsi untuk memindahkan suatu obyek sehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek diatas kaca scanner,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Poskan Komentar Anda, Kritik dan Saran Anda sangat berguna bagi kami, Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons