Selasa, 08 Juni 2010

Port-Port Komputer



Selain Komponen-komponen, perlu juga diketahui bahwa pada bagian belakang komputer (umumnya) tersedia port-port dimana kita memasang atau menyambungkan kabel peralatan lainnya.
Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar, sebagai contoh port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse dan sebagainya. Port ini dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu : Port Serial, Port Parallel, Port USB, port SCSI, Port Infra merah serta port-port yang lain.

Port-port yang umum tersedia adalah :

  1. Port serial COM), biasanya untuk memasang perangkat komunikasi.
  2. Port parallel (LPT), biasanya untuk memasang kabel printer.
  3. Port USB, adalah jenis port terbaru yang bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan, seperti untuk kabel printer, kabel kamera digital, dan lain-lain.
  4. Port untuk memasang keyboard dan mouse (dari Motherbord).
  5. Port untuk memasang kabel monitor (dari VGA Card).
  6. Port modem, tempat untuk memasang kabel telepon.
  7. Port LAN, tempat untuk memasang kabel jaringan.
  8. Port Jack (Colokan) untuk speaker (audio), microphone, dan sebagainya.


1. Port serial (COM)
Port serial (COM) biasanya digunakan untuk memasang perangkat komunikasi.Biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per waktu, karena sifatnya pengiriman data berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengoneksi piranti keras seperti : printer, mouse, modem, PLC (programmable Logic controller), pembaca kartu magnetik dan pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin.

Gambar. Salah satu port serial (COM) dan kabelnya.


2. Port parallel (LPT)
Port Parallel (LPT) biasanya untuk memasang kabel printer. Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Umumnya digunakan untuk printer parallel, hard disk eksternal dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin.
Gambar. Contoh Port Parallel  Untuk Printer


3. Port USB
Adalah jenis port terbaru dan merupakan port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan, yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera digital, printer, scanner, zip drive dan sebagainya, port ini mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel.


4. Port untuk memasang keyboard dan mouse (dari Motherbord)
  Gambar. Port Komputer 

5. Port untuk memasang kabel monitor (dari VGA Card)

Gambar . Salah satu Port untuk  memasang Kabel Monitor






5. Port modem
Adalah  tempat untuk memasang kabel telepon.

Gambar. Port Modem dan Kabelnya

6. Port LAN
Port LAN adalah tempat untuk memasang kabel jaringan.
Gambar. Salah satu contoh Port LAN 


8. Port Audio (jack) untuk speaker, microphone, dan sebagainya.

Gambar. Port Audio & Microphone

9. Port Infra Merah
Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan sebagainya.


10. Port SCSI
Port SCSI adalah Small Computer System Interface yang merupakan jenis port yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port mempunyai kecepatan tinggi, dengan kecepatan tranfernya 32 bit per waktu, biasa digunakan untuk menghubunkan hard drive, scanner, printer dan tape drive, konektor yang digunakan adalah DB-25 dan 50 pin Centronics SCSI.


Demikian Port-port komputer yang dapat kita ketahui, coba Anda perhatikan sekali lagi berikut gambar port-port komputer dibawah ini.

 
 Gambar 1. Port Komputer (Bahasa Indonesia)

Gambar. Port komputer 2 (Bahasa Inggris)

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Aa kok websitenya ga diterusin lagi postingnya..
    Menurutku bagus ko,..Na mendukung deh.. !!
    Btw. Ma kasih atas infonya.

    BalasHapus

Poskan Komentar Anda, Kritik dan Saran Anda sangat berguna bagi kami, Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons