Rabu, 02 Juni 2010

Teknologi Informasi dan Komunikasi Masa Kini

A.Teknologi Informasi dan Komunikasi Masa Kini

Teknologi terus mengalami perkembangan. Penemuan-penemuan baru mengubah cara manusia berkomunikasi. Hal ini diawali dengan penemuan telegraf listrik, yaitu alat komunikasi yang mengirimkan pesan melalui kawat listrik.

Gambar : Telegraf Listrik

Kode yang digunakan untuk menyampaikan pesannya adalah Kode Morse. Kode Morse ini terdiri atas titik dan garis. Cara bertukar informasi atau pesan seperti ini disebut telekomunikasi. Telegraf listrik merupakan awal abad informasi dan telekomunikasi.

Kemudahan berkomunikasi semakin terasa dengan adanya teknologi telepon, televisi, dan komputer. Televisi telah menjadi teknologi komunikasi terpenting. Kita dapat mengetahui berbagai informasi terbaru dari berbagai belahan dunia dengan sangat cepat.

Pesawat televisi menerima gelombang radio yang dipancarkan melalui satelit komunikasi luar angkasa. Kemudian gelombang ini diubah menjadi gambar dan bunyi, berupa film atau acara favoritmu.

Begitu juga cara kerja telepon. Telepon rumah mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik. Gelombang listrik tadi dilewatkan pada kabel telepon. telepon penerima mengubah kembali gelombang listrik tadi menjadi gelombang suara. Jadi, kamu bisa bercakap-cakap dengan orang lain atau temanmu sendiri. telepon selular (ponsel) mengubah gelombang suara menjadi gelombang radio, lalu dikirim lewat stasiun pemancar. gelombang radio adalah salah satu gelombang yang dapat berjalan diudara. 


Oleh Karena itu, telepon selular tidak memerlukan kabel. Teknologi ini dikenal dengan teknologi nirkabel atau wireless (dibaca : Wairles, artinya tanpa kabel).  Hal ini semakin memudahkan kita berkomunikasi dengan cepat dimanapun kita berada.

Penggunaan komputer dalam komunikasi juga sangat popular. Jika pada awalnya komputer dirancang hanya untuk menyelesaikan tugas matematika yang sulit, akan tetapi sekarang kegunaannya telah jauh berkembang. Salah satunya adalah sebagai teknologi untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Kamu dapat saling berkirim informasi dengan orang diseluruh belahan dunia dengan menggunakan komputer yang terhubung kejaringan internet. Masih Ingat apa itu internet ?
Internet adalah jaringan komputer raksasa yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. (Pengertian singkat Internet menurut Yopie).

Internet berawal tahun 1969 di Amerika Serikat sebagai Sistem Militer yang akan tetap berfungsi walaupun ada perang nuklir. Baru pada tahun 1990-an internet digunakan secara umum untuk berkomunikasi.Salah satu keistimewaan internet antara lain adalah World Wide Web (WWW). 

World Wide Web (www) seperti halnya tampilan sebuah halaman majalah yang menawarkan berbagai fasilitas internet.
E-mail (Surat elektronik) atau pos-el (pos elektronik), mengobrol jarak jauh (chatting), belanja on line dan bermain games online adalah beberapa fasilitas yang ada.

 Gambar : Salah satu fasilitas sarana Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poskan Komentar Anda, Kritik dan Saran Anda sangat berguna bagi kami, Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons